Senin, 17 Januari 2011

CUACA EKSTRIM

Ya...tidak salah lagi cuaca ekstrim akhir-akhir ini kerap melanda negara kita, Indonesia. Tidak terkecuali dunia internasional. Cuaca ekstrim ini merupakan salah satu dampak dari adanya globalwarming. Globalwarming itu sendiri adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer,laut dan daratazn bumi. Hal ini menyebabkan perubahan cuaca ekstrim. Dikatakan cuaca ekstrim karena cuaca tersebut berubah setiap saat tanpa kita ketahui waktunya. Ada saatnya dalam siang hari terasa panas sekali dan beberapa saat kemudian turun hujan lebat yang diiringi petir yang dasyat.
Perubahan cuaca inilah yazng perlu kita waspadai untuk menanggulangi dampak yang lebih ekstrim lagi. Uantuk kali ini dimana cuaca di Indonesia yang kadazng panas dan kadang hujan lebat, maka perlu adanya hal-hal ynag perlu diperhatikan antara lain
  1. Sedia payung sebelum hujan
  2. Sediakan jas hujan dalam kendaraan bermotor khususnya.
  3. Menjaga lingkungan.
  4. Penghijauan lingkungan hidup.
  5. waspada dampak penyakit seperti: influenza, demam berdarah, diare dll.
  6. Kurangi dampak yang dapat menambah dampak neagatif dari global warming. Seperti: efek rumah kaca dll.
  7. Menjaga pola hidup sehat
Cuaca ekstrim tidak hanya melanda indonesia saja tetapi juga dunia internasional. Berikut adalah bencana alam yang diakibatkan cuaca ekstrim diluar negri:
  1. Banjir bandang di Australia
  2. Bongkahan es dikutub yang meleleh.
  3. Longsor.
  4. Angin topan dan badai.
Hal seperti ini perlu kita perhatikan sebab menyangkut keberlangsungan hidup anak cucu kita. Kini saatnya kita selamatkan dunia.

1 komentar: